Image

Flyer Kegiatan NGABARIN FILM

Hari Film Nasional 2024

Pitu Sinema "Ngabarin Film" di Mamuju Sulawesi Barat

MARAYA.NEWS,- Hari Film Nasional kembali diperingati. Tepatnya, Sabtu 30 Maret 2024. Merupakan yang ke-25 sejak lahir lewat Keppres 25/ 1999 oleh Presiden B.J. Habibie.

Tahun ini Kemendikbutristek menggandeng enam komunitas film di Indonesia untuk bersama-sama memeriahkan Hari Film Nasional bertajuk: "Ngabarin Film" (Ngabuburit Bareng Insan Film).

Salah satunya adalah Pitu Sinema, Komunitas Film Mamuju Sulawesi Barat yang selama ini memang menghidupkan dunia sineas di "Bumi Malaqbi', sebutan lain untuk Provinsi Sulawesi Barat.

Di Mamuju, Pitu Sinema menggelar beragam agenda sebagai rangkaian "Nagabrin Film". Diantaranya adalah Buka Bersama, Nonton Bareng serta Diskusi Film.

"Kita telah persiapan, dan insyaallah hari Sabtu ini (30/03/2024) akan memaksimalkan semua rangkaian kegiatan peringatan Hari Film Nasional 2024 di Ngalo Rock Cafe, Jalan Andi Makkasau, Mamuju," ujar Sadly Asis, pada Jumat malam (29/03/2024).

Pitu Sinema merupakan komunitas perfilman sejak 2012 yang pernah meraih Juara 1 Festival Film Pemuda Tingkat Nasional di Blitar (2017). Dua tahun ini terus menggeliat melalui program Kelas Film Manakarra yang dijalankan secara swadaya.

"Pada diskusi nanti akan dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sulbar, Kadis Pariwisata Sulbar, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Mamuju, Dewan Pembina Pitu Sinema," imbuh Sadly.

Pihaknya berharap momentum peringatan Hari Fikm Nasional bisa meningkatkan perhatian dan memacu peran stakeholder perfilman untuk menumbuhkembangkan dunia sineas di daerah. Termasuk pemerintah daerah di Sulawesi Barat.

"Melalui film banyak hal bisa kita lakukan. bisa memperkenalkan kekayaan alam dan budaya, menjadi sarana edukasi, termasuk sosialisasi dan promosi pariwisata," ucap Sadly Asis. (minmin)

Comments